Minggu, 24 Juli 2011

MAKANAN YANG MENAIKKAN KOLESTEROL

 
Kolesterol datang dalam dua bentuk. Kolesterol LDL adalah apa yang dianggap kolesterol "buruk" yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Kolesterol HDL adalah kolesterol "baik" yang benar-benar dapat menurunkan kadar LDL dan menjaga tubuh Anda sehat dan kuat.
Karena itu penting untuk mengetahui makanan yang meningkatkan setiap jenis kolesterol.

Krimer Non-susu
Krimer kopi non-susu dapat berkontribusi untuk tingginya kolesterol LDL. Hal ini mungkin mengejutkan karena kebanyakan orang yang minum krimer non-susu melakukannya untuk menjadi lebih sadar akan kesehatan. Yang benar adalah bahwa krimer non-susu mengandung jumlah tinggi pemanis dan minyak kelapa. Sebuah pilihan yang lebih baik adalah susu kedelai.

Lemak Jenuh
Hindari diet tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh berasal dari daging hewan dan harus dikurangi dari 10 persen dari keseluruhan asupan lemak Anda. Untuk menurunkan risiko berlebihan pada lemak jenuh, hindari restoran cepat saji dan sumber-sumber makanan yang digoreng. Anda harus meningkatkan asupan sayuran dan hanya memasak dengan minyak sayur.

Garam
Turunkan asupan garam, dan mengganti garam yang masih Anda konsumsi dengan garam laut. Penggunaan natrium berlebihan akan meningkatkan kolesterol LDL. Gunakan bumbu dan rempah-rempah yang berbeda, seperti kemangi dan oregano. Bawang putih adalah pilihan yang cocok untuk meningkatkan rasa dalam makanan Anda, dan ini terkait dengan menurunkan tingkat kolesterol "buruk".

Makanan Olahan
Makanan olahan adalah kontributor populer untuk tingkat tinggi kolesterol LDL. Hindari makanan dengan kata "putih", seperti "roti putih" atau "gula putih." Gunakan pemanis alami, seperti gula merah, dan mengkonsumsi gandum.


Serat Larut
Serat larut meningkatkan tingkat HDL atau kolesterol "baik". Makanan, seperti buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan, merupakan sumber serat larut yang bagus. Makanan ini tidak hanya meningkatkan kolesterol "baik", tetapi mereka menurunkan tingkat kolesterol "jahat".

Produk kedelai
Produk kedelai, seperti tahu, kedelai, susu kedelai produk lainnya yang dibuat dari kedelai, menaikkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar dua porsi kedelai per hari untuk kadar kolesterol sehat.

Gandum
Biji-bijian meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL. Dianjurkan untuk mengkonsumsi roti gandum dan sereal. Oat gandum adalah sumber yang bagus untuk menjaga kadar kolesterol sehat. Beras merah dan pasta gandum adalah sumber makanan lain yang juga bermanfaat.
[Sunny Lin, Pekanbaru]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar