Minggu, 17 Juli 2011

JAHE UNTUK PENYAKIT RINGAN

 
Selama bertahun-tahun, setiap kali menderita demam, pilek maupun sedikit pusing, saya selalu menggunakan jahe segar (500g) dan mengirisnya tipis-tipis. Kemudian jahe direbus dengan air panas selama kurang lebih 20 menit dan ditambahkan gula merah (100g).

Anda akan merasa jauh lebih baik setelah meminumnya 4 atau 5 kali sehari. Banyak teman saya mencoba resep ini dan sembuh dari flu maupun pilek.

Rebusan air jahe (jahe segar direbus dalam air) merupakan pengobatan untuk berbagai jenis penyakit ringan:
1. Sariawan
Rebus jahe segar (800g) dan masukkan ke dalam botol. Gunakan air jahe untuk membilas mulut 2-3 kali sehari. Enam sampai sembilan bilasan akan menunjukkan hasil yang luar biasa.
2. Periodontitis (infeksi pada jaringan penyangga gigi)
Bilas mulut dengan air jahe hangat pada pagi dan malam hari. Jika tenggorokan terasa sakit atau gatal, bisa tambahkan garam pada air jahe dan kumur 2-3 kali sehari.
3. Karies
Bilas mulut dengan air jahe hangat di pagi dan malam hari. Mengonsumsi wedang jahe sebagai minuman sehari-hari dapat membantu mencegah dan meringankan gejala.
4. Migrain
Rendam tangan dalam air jahe hangat selama 15 menit. Ini akan membantu meringankan rasa sakit.
5. Mabuk
Minum wedang jahe hangat. Ketika seseorang mabuk, air jahe dapat meningkatkan sirkulasi untuk membantu menghilangkan etanol dari tubuh. Dapat ditambahkan sedikit madu untuk menambah rasa.
6. Jerawat / Komedo
Cuci wajah dengan air jahe suam-suam kuku pagi dan malam hari. Jerawat akan mereda atau bahkan hilang dalam waktu 60 hari. Resep ini juga dapat diterapkan untuk bintik-bintik di wajah dan kulit kering.
7. Ketombe
Gunakan jahe mentah untuk menggosok rambut. Kemudian, bilas dengan air jahe hangat. Metode ini juga dapat membantu kebotakan. Beberapa toko salon di Tiongkok memiliki cara khusus untuk mencuci rambut dengan air jahe suam-suam kuku. Cara ini membantu meredakan rambut rontok. Banyak orang menerapkan perawatan ini dan mereka puas dengan hasilnya. Mencuci rambut dengan air jahe adalah resep kuno.
8. Nyeri pinggang dan punggung
Tambahkan sedikit garam dan cuka ke dalam air jahe panas. Rendam handuk ke dalam larutan ini. Peras hingga kering dan balutkan di bagian yang nyeri. Ulangi beberapa kali. Hal ini akan dapat mengendurkan otot dan membantu sirkulasi untuk mengurangi rasa sakit.
9. Aroma tidak sedap pada kaki
Tambahkan garam dan cuka pada air jahe hangat. Rendam kaki selama 15 menit. Usap hingga kering dan taburkan bedak di kaki. Aroma tak sedap akan hilang.
10. Tekanan darah tinggi
Rendam kaki ke dalam air jahe panas selama 15 menit. Ini akan membantu sirkulasi melalui efek refleksi untuk menurunkan tekanan darah.
11. Demam
Rendam kaki sampai pergelangan kaki ke dalam air jahe hangat. Tambahkan garam dan cuka, dan tuang air panas secara konstan saat air jahe berangsur dingin. Rendam sampai kaki memerah. Metode ini juga baik untuk sakit kepala dan batuk.
[Angelina Lim, Medan]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar