Minggu, 17 Juli 2011

MAKAN GARAM DAN SAYUR

 
Peneliti di Amerika mengatakan makan terlalu banyak garam dan mengonsumsi terlalu sedikit kalium dapat meningkatkan risiko kematian. Penyakit degeneratif yang mematikan seperti tekanan darah tinggi yang berdampak pada penyakit jantung dan storoke .


Temuan dari sebuah tim di US Centers for Disease Control tetap mengatakan kalau garam yang dikonsumsi terlalu banyak masih berdampak buruk. "Garam masih buruk bagi Anda," kata Dr Thomas Farley, Komisaris Kesehatan New York City, yang memimpin kampanye untuk mengurangi garam dalam makanan restoran dan dikemas oleh 25 persen selama lima tahun.
Studi CDC yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, khusus difokuskan pada penelitian yang berkembang yang menunjukkan diet tinggi garam dan rendah kalium sangat berisiko.
Pada akhir masa studi, 2.270 peserta studi telah meninggal, 825 dari kematian ini berasal dari penyakit jantung dan 433 berasal dari bekuan darah dan stroke.

Kalium adalah kunci
Mereka menemukan bahwa orang yang memiliki asupan garam yang tinggi dan asupan kalium rendah yang paling berisiko.
"Orang yang makan diet tinggi natrium dan rendah kalium memiliki risiko 50 persen peningkatan kematian dari setiap penyebab, dan sekitar dua kali risiko kematian - atau meningkat 200 persen - dari serangan jantung," kata Dr Elena Kuklina dari CDC yang membantu memimpin studi tersebut.
Dia mengatakan konsumen perlu meningkatkan kadar kalium dalam diet mereka dengan menambahkan porsi yang lebih banyak buah-buahan segar dan sayuran, seperti bayam, anggur, wortel, kentang manis, dan susu rendah lemak dan yogurt.
Dr Robert Briss, direktur dari Pusat Nasional untuk Pencegahan Penyakit Kronis dan Promosi Kesehatan di CDC, mengatakan temuan mendukung berat umum bukti dan menunjukkan bahwa dosis tinggi natrium dikaitkan dengan konsekuensi kesehatan yang buruk.
Dan itu menunjukkan "bahwa potasium lebih tinggi mungkin lebih baik untuk Anda," kata Briss dalam sebuah wawancara telepon.
"Sekitar 90 persen orang Amerika mengkonsumsi natrium lebih dari yang dianjurkan. Ini dampak tekanan darah mereka," kata Briss.

Potasium sering melawan efek garam dalam diet. Keseimbangan ini dipengaruhi ketika orang makan makanan yang diproses, yang cenderung untuk meningkatkan tingkat natrium dan penurunan kandungan potasium.
"Jika natrium meningkatkan tekanan darah tinggi Anda, kalium berkurang. Jika natrium mempertahankan air, kalium membantu Anda menyingkirkan itu," katanya.
[Dina Kwek, Ternate]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar