Minggu, 02 Oktober 2011

MASALAH DALAM KENCAN

 
Kencan seringkali dapat menjadi pengalaman menarik dan bermanfaat bagi Anda dan pasangan kencan Anda. Tapi hubungan kencan, seperti hubungan lainnya, tidak kebal terhadap masalah dan komplikasi. Masalah kencan dapat terjadi tiba-tiba dan pada setiap tahap dalam hubungan kencan.
Memahami beberapa masalah kencan yang paling umum, dan belajar cara-cara untuk mengatasinya dengan efektif, dapat membantu Anda menikmati dan bertumbuh dengan pasangan kencan Anda.

Harapan:
Salah satu jenis yang paling umum masalah yang dihadapi dalam suatu hubungan kencan adalah bahwa harapan yang tidak kompatibel. Ketika Anda dan pasangan kencan Anda memiliki keinginan yang bertentangan mengenai sifat, tujuan dan masa depan hubungan, maka dengan mudah dapat timbul komplikasi.

Sebagai contoh, Anda mungkin mencari hubungan kasual jangka pendek dan terbuka, sementara pasangan kencan Anda mungkin berharap untuk hubungan serius jangka panjang dan stabil. Meskipun Anda ingin memberi waktu agar hubungan terungkap secara alami, Anda juga ingin menemukan cara langsung dan sensitif untuk mengkomunikasikan harapan Anda sejak awal untuk membantu memastikan bahwa Anda dan pasangan kencan Anda berada pada halaman yang sama.


Latar belakang:
Selain harapan yang berbeda untuk hubungan secara keseluruhan, masalah juga dapat muncul dalam kencan sebagai akibat dari latar belakang yang berbeda. Kadang-kadang perbedaan ini lebih jelas, seperti jika Anda dan pasangan berasal dari latar belakang agama atau etnis yang berbeda, dan kadang-kadang perbedaan ini tipis, seperti perbedaan dalam pendidikan, pengalaman atau status ekonomi.

Apakah jelas atau tidak, ketidakmiripan dapat menciptakan masalah tak terduga. Sebagai contoh, berdasarkan latar belakang Anda, Anda mungkin berharap bahwa pasangan kencan Anda harus membayar untuk kencan, bahkan sebelum hubungan menjadi serius atau eksklusif, sementara pasangan kencan Anda dapat mengasumsikan bahwa biaya keuangan dari suatu hubungan harus dibagi sama oleh kedua belah pihak. Kecuali Anda berdua secara terbuka mendiskusikan masalah ini,

Anda tidak akan tahu bahwa Anda berdua bertindak atas dasar ide yang sangat berbeda. Namun, memiliki latar belakang yang berbeda sering dapat menjadi bagian dari apa yang menarik Anda pada pasangan kencan Anda, yaitu "berlawanan tapi menarik." Menjelajahi tantangan yang melekat yang muncul sebagai hasilnya, adalah penting untuk pertumbuhan lanjutan dari hubungan.


Batas:
Masalah dapat menjadi hasil dari batas yang tidak memadai atau tidak ada dalam hubungan berpacaran. Sering kali, pada tahap awal hubungan, Anda atau pasangan kencan Anda mungkin ingin untuk tumbuh lebih dekat dan belajar tentang satu sama lain sebanyak mungkin. Sementara periode dalam suatu hubungan dapat menarik dan menyenangkan, juga bisa menjadi waktu dimana masalah batas banyak muncul.

Misalnya, Anda atau pasangan Anda mungkin membocorkan terlalu banyak sejarah atau latar belakang pribadi Anda terlalu dini dalam hubungan, yang dapat mengakibatkan perasaan kerentanan, ketidakpercayaan dan, jika hubungan berakhir, disia-siakan. Salah satu atau keduanya juga dapat memilih untuk membuat hubungan menjadi prioritas dengan mengorbankan bidang lain kehidupan Anda, mengorbankan kegiatan atau hubungan lain  dan menciptakan situasi tidak seimbang di mana hubungan menjadi fokus yang lebih sentral daripada apa yang mungkin lebih sesuai.

Atau Anda mungkin memilih untuk mempercepat keintiman hubungan sebelum membangun kepercayaan bersama dan harapan untuk masa depan hubungan itu. Mempelajari apa yang membuat batas-batas sehat, lalumenjaga batas-batas itu, dapat membantu untuk melindungi Anda dan pasangan kencan Anda.


Komitmen:
Komitmen tak terucap juga dapat berkontribusi untuk konflik dalam hubungan kencan. Kadang-kadang tingkat atau derajat komitmen untuk karir Anda, keyakinan Anda, keluarga Anda atau teman Anda dapat menyebabkan masalah tak terduga. Salah satu contoh adalah ketika Anda atau pasangan Anda kencan berkomitmen untuk karir atau kewajiban yang lain, hasilnya adalah kencan atau liburan dibatalkan.

Pasangan kencan Anda mungkin percaya bahwa situasi darurat dalam pekerjaan harus selalu menjadi prioritas dalam jadwal seseorang, tapi Anda mungkin tidak memiliki perspektif yang sama, dan Anda mungkin merasa pasangan kencan Anda tidak peduli Anda ketika ia memilih untuk bekerja saat ulang tahun anda atau hari libur . Berbicara tentang komitmen dalam kehidupan satu sama lain sejak awal dapat membantu Anda berdua menentukan apakah kewajiban ini akan jadi hambatan.


Komunikasi:
Banyak masalah kencan dapat tumbuh keluar dari komunikasi yang buruk antara Anda dan pasangan kencan Anda. Bahkan, masalah yang berkembang di daerah lain, seperti yang dihasilkan dari harapan yang berbeda dan batas-batas yang tidak jelas, sering dapat diatasi melalui komunikasi yang lebih proaktif dan efektif. Dengan komunikasi, bagaimana Anda mengatasi masalah dapat menjadi bagian dari masalah.

Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang latar belakang pasangan kencan Anda. Mengetahui kapan dan bagaimana mengajukan pertanyaan dapat mempengaruhi apakah orang lain merasa seolah-olah pertanyaannya adalah sebuah perhatian atau gangguan. Demikian pula, jika Anda memiliki kesalahpahaman dengan pasangan kencan Anda, bagaimana Anda mengatasi masalah, termasuk kata-kata yang Anda gunakan dan nada suara Anda, dapat mempengaruhi apakah dia merasa diperhatikan dan dipahami atau dituduh dan terasing.

Belajar keterampilan yang diperlukan untuk komunikasi interpersonal yang efektif dapat membantu untuk melindungi terhadap masalah kencan umum, serta memperkuat hubungan secara keseluruhan.
[Angelina Lim, Medan,]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar