Minggu, 26 Maret 2023

2303262. Lazarus syndrome _(fenomena Lazarus).

*Lazarus syndrome _(fenomena Lazarus)_* adalah kembalinya fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh setelah seseorang dinyatakan meninggal dunia. _(Ada 2 jenis kematian: *Mati klinis* ditandai dengan jantung yang berhenti berdetak, nadi yang tidak lagi teraba, dan paru-paru yang berhenti bernapas. Atau *Mati batang otak,* terjadi ketika ketika kehidupan seseorang bergantung sepenuhnya pada mesin. Artinya, jika mesin-mesin tersebut dicabut, orang tersebut tidak akan bisa sadar/ bernapas sendiri)._


Kondisi _*Lazarus syndrome* (fenomena Lazarus)_  terjadi karena penundaan pada kembalinya sirkulasi spontan setelah orang tersebut diberikan bantuan napas melalui teknik resusitasi kardiopulmonari (CPR). Kasus pertama dari fenomena Lazarus ini terjadi pada 1982, tapi istilah sindrom Lazarus baru resmi digunakan dalam dunia medis sejak 1993.


*Lazarus syndrome* berasal dari nama Lazarus, tokoh dalam Kitab Perjanjian Baru yang dihidupkan kembali oleh Tuhan Yesus setelah dinyatakan meninggal dunia selama 4 hari di kota Betania (sekitar 3 km dari kota Yerusalem), Israel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar