Senin, 20 Maret 2023

2303212. Sekilas kisah hidup Sudha Murty, Pimpinan Infosys Ltd.

Alkisah di India, seorang kondektur kereta api menuju Bangalore dari Mumbai menangkap seorang gadis berusia sekitar 13 tahun yang bersembunyi di bawah kursi.  
Gadis itu bersembunyi karena dia tidak punya tiket KA.

Saat kondektur menyuruh gadis itu untuk segera turun dari kereta, sebuah suara dari belakangnya berkata,
 "Aku akan membayarnya."  
Itu suara Usha Bhattacharya, seorang dosen, yang membayarkan tiket gadis itu dan memintanya untuk duduk di dekatnya.

"Siapa namamu?"

"Chitra", jawab gadis itu.

"Kamu mau kemana?"

"Aku tidak punya tempat untuk pergi," kata gadis itu.

"Kalau begitu, ikutlah aku." kata Usha Bhattacharya.

Setelah sampai di Bangalore,
Usha Bhattacharya menyerahkan gadis itu ke sebuah LSM, untuk dirawat.  Namun saat Usha Bhattacharya pindah ke New Delhi, keduanya kehilangan kontak satu sama lain.

Alkisah 20 tahun kemudian,
Usha Bhattacharya diundang ke San Francisco, AS untuk memberikan kuliah di sebuah perguruan tinggi di sana. Suatu ketika, setelah selesai makan di restoran, Usha Bhattacharya meminta tagihan, tetapi dia diberitahu bahwa tagihannya sudah dibayar. Ketika Usha Bhattacharya berbalik, dia melihat seorang wanita dengan suaminya tersenyum padanya.  

Usha Bhattacharya bertanya kepada pasangan itu, "Mengapa anda membayar tagihan makan saya?"

Wanita muda itu menjawab, "Bu, tagihan yang saya bayar sangat sedikit, dibandingkan dengan ongkos yang anda bayarkan bagi saya untuk perjalanan kereta api dari Mumbai ke Bangalore".

Sesaat air mata mengalir dari mata kedua wanita itu.
"Oh Chitra... kamukah ini ? " tanya Usha Bhattacharya dengan gembira.

Sambil berpelukan, wanita muda itu berkata, 
"Bu, nama saya bukan lagi Chitra.Saya Sudha Murty. Dan ini suami saya Narayan Murty."

Ini kisah nyata Sudha Murty, Pimpinan Infosys Ltd, dan Narayan Murty, orang yang mendirikan perusahaan perangkat lunak Infosys yang bernilai jutaan USD.

Sudha Murty (Lahir di Kulkarni, 19 August 1951) seorang pendidik, pengarang buku dan pimpinan perusahaan Infosys Foundation. Dia menikah dengan pendiri perusahaan InfosysN. R. Narayana Murthy. Mendapatkan penghargaan Padma Shri, peringkat warga tertinggi keempat di India, oleh pemerintah India di 2006. Di tahun 2023, dia dianugerahkan Padma Bhushanperingkat warga tertinggi ketiga di India.
#

Sekilas kisah hidup Sudha Murty, Pimpinan Infosys Ltd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar