Selasa, 20 Maret 2018

1803208. Makanan buat Penderita KOLESTEROL Itu GAMPANG! 

Astaga! 

Makanan buat Penderita KOLESTEROL Itu GAMPANG! 

Gak Percaya?

DokterBaBe
March 20, 2018 8:56 am

Ikuti

Tubuh memerlukan kolesterol untuk berbagai aktivitas. Namun, kolesterol berlebih justru dapat memicu ragam penyakit dan memperburuk kondisimu yang sudah menderita kolesterol tinggi. Hindari bahayanya dengan ragam makanan penderita kolesterol.

Ada dua jenis kolesterol dalam darah. Pertama, kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Kolesterol ini disebut baik karena tugasnya adalah membawa kolesterol-kolesterol dari seluruh tubuh ke hati, lalu hati membuangnya ke luar tubuh.

Sumber: DokterBaBe.com

Kedua, kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Disebut kolesterol jahat karena tingkat LDL tinggi akan menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri atau pembuluh darah.

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang terlalu tinggi dapat memicu ragam penyakit. Mulai dari serangan jantung, stroke dan ragam penyakit lainnya.

Catat Makanan untuk Penderita Kolesterol

Sumber: DokterBaBe.com

Jika kamu memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam darah, disarankan untuk segera menurunkan kadarnya dengan mengonsumsi makanan untuk penderita kolesterol.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol:

1. Alpukat

Buah yang satu ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kedua jenis lemak ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu, alpukat juga mengandung asam lemak omega 3 yang bersahabat dengan jantung. Bahkan, mengonsumsi alpukat juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Kamu bisa menambahkan alpukat ke dalam menu sehari-hari. Misalnya, ke dalam roti lapis untuk sarapan atau makan siang, atau kamu bisa menyantapnya langsung.

Kamu juga bisa menggunakan minyak alpukat untuk memasak, menggantikan minyak sayur yang biasa kamu gunakan. Cari minyak alpukat di supermarket langgananmu, dan buatlah makanan untuk penderita kolesterol yang nikmat.

Sumber: DokterBaBe.com

2. Teh

Kamu bisa memilih teh hijau atau teh hitam. Dari kedua jenis ini, teh hijau mengandung antioksidan yang lebih tinggi karena tidak melalui banyak proses seperti jenis teh lainnya. Lagipula, daun teh hijau tidak difermentasi terlebih dahulu.

3. Kacang-kacangan

Kacang almond, kenari, dan pistachio dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Sebab, ketiga jenis kacang ini tinggi kandungan asam lemak tak jenuh ganda. Makanlah kacang-kacangan ini sebagai camilan. Tapi hindari menggunakan garam terlalu banyak.

4. Jamur

Jamur dapat membantu mengurangi kadar lemak jahat (LDL) dan meningkatkan kadar lemak baik (HDL). Pada awalnya hanya jamur shiitake yang terbukti berperan dalam menurunkan kolesterol.

Namun, kabar baiknya, semua jenis jamur juga bersifat sama. Jadi, kamu punya banyak pilihan dalam menyantap bahan makanan yang satu ini.

5. Bawang Putih

Jangan abaikan bumbu yang satu ini. Diam-diam bawang putih ampuh menurunkan kolesterol. Bahan ini juga bisa dijadikan sebagai bumbu pada makanan yang kamu anggap terasa hambar.

Iris bawang putih, tumis dengan menggunakan minyak zaitun, lalu taburkan pada makanan. Selain membuat makanan terasa lebih sedap, bawang putih juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Sebenarnya, makanan untuk penderita kolesterol mudah didapat. Kamu bisa membeli atau membuatnya sendiri. 


Yang paling sulit adalah disiplin untuk menerapkan pola makannya dan menghindari makanan berkolesterol tinggi. Padahal, itu yang paling penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar