Rabu, 20 Desember 2017

Renungan Natal :  *Apa Arti Natal ?* *_Kisah Menolong Angsa Liar_*

Renungan Natal :
*Apa Arti Natal ?*
*_Kisah Menolong Angsa Liar_*


Ada seorang pria yang tidak percaya pada Tuhan, dan ia tidak ragu-ragu untuk membiarkan orang lain tahu bagaimana perasaannya tentang agama dan hari liburnya, seperti Natal.

Kebalikan dengan istrinya yang justru percaya, dan ia membawa anak-anak mereka juga untuk memiliki iman kepada Allah dan Yesus, meskipun suaminya selalu meremehkannya.

Dalam satu perisitwa Natal, istrinya mengajak anak-anak mereka ke acara malam Natal di komunitas pertanian di mana mereka tinggal. Dia meminta suaminya untuk datang, tapi suaminya menolak .

"Cerita itu omong kosong! " kata sang suami. "Mengapa Allah menurunkan diriNya untuk datang ke bumi sebagai manusia? Itu konyol!"

Sang istri dan anak-anaknya pergi, namun ia tetap tinggal di rumah.

Beberapa saat kemudian, angin bertiup semakin kuat dan salju berubah menjadi badai. Pria itu memandang ke luar jendela, ia hanya melihat badai salju yang menghalangi penglihatannya. Dia duduk bersantai di depan api di perapian.

Tak lama kemudian, ia mendengar suara keras. Sesuatu telah menabrak jendela. Kemudian bunyi lagi. Dia melihat keluar, tapi tidak bisa melihat dengan jelas. Ketika badai reda sedikit, ia memberanikan diri keluar untuk melihat apa yang telah menghantam jendela. Di lapangan dekat rumahnya, ia melihat sekawanan angsa liar. Rupanya mereka terbang ke selatan pada musim dingin dan mereka terjebak dalam badai salju dan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Mereka tersesat dan terdampar di ladangnya, tanpa makanan atau tempat berlindung. Mereka hanya mengepakkan sayap mereka dan terbang rendah di sekitar lapangan, membabi buta dan tanpa tujuan. Beberapa dari mereka telah terbang menabrak jendela.

Pria itu merasa kasihan pada angsa-angsa tersebut dan ingin membantu mereka. Ia mempunyai gudang yang akan menjadi tempat yang bagus bagi mereka untuk berlindung, yang hangat dan aman. Mereka bisa menghabiskan malam di sana dan menunggu badai reda. Jadi dia berjalan ke gudang dan membuka pintu lebar, kemudian mengamati dan menunggu, berharap mereka akan melihat gudang terbuka dan masuk ke dalam. Tapi angsa hanya bergetar tanpa tujuan dan tampaknya tidak memperhatikan lumbung atau menyadarinya.

Pria itu mencoba untuk mendapatkan perhatian mereka, tapi mereka malah takut dan menjauh .
Ia masuk ke dalam rumah dan keluar dengan beberapa roti, melerai, dan membuat jejak roti yang mengarah ke gudang. Mereka masih tidak masuk.

Dengan rasa frustrasi, dia ke belakang mereka dan mencoba untuk mengusir mereka ke arah gudang, tetapi mereka hanya menjadi lebih takut dan tersebar ke segala arah, bukan ke arah gudang. Tidak ada yang dia bisa membuat mereka untuk pergi ke gudang di mana mereka akan menjadi hangat dan aman.

_"Mengapa mereka tidak mengikutiku?! " serunya . "Mereka tidak bisa melihat ini adalah satu-satunya tempat di mana mereka bisa selamat dari badai?"_

Ia berpikir sejenak dan menyadari bahwa mereka tidak akan mengikuti manusia.

_"Kalau saja aku seekor angsa, maka aku bisa menyelamatkan mereka, " katanya dengan suara keras._

Lalu ia punya ide. Ia punya seekor angsa. Ia pergi ke gudang dan membawanya dalam pelukannya, serta berputar di sekitar belakang kawanan angsa liar . Ketika ia melepas angsanya itu. Angsanya itu terbang melalui kerumunan itu dan langsung masuk ke gudang. Satu demi satu, angsa liar mengikutinya ke tempat yang aman.

Pria itu berdiri diam dan diam merenungkan kata-kata yang diucapkan beberapa menit sebelumnya diputar dalam pikirannya : _Kalau saja aku seekor angsa, maka saya bisa menyelamatkan mereka!_
Kemudian ia berpikir tentang apa yang telah berkata kepada istrinya sebelumnya. _"Mengapa Allah ingin menjadi seperti kami? Itu konyol! "_

Tiba-tiba semuanya masuk akal. Itulah apa yang telah Allah lakukan. Kita seperti angsa liar yang buta, hilang, bingung, sekarat. Jadi Allah mengirim Anak-Nya untuk menjadi seperti kita, sehingga Dia bisa menunjukkan kepada kita jalan kebenaran dan menyelamatkan kita.
Itulah makna Natal!


Saat angin dan badai salju mereda, jiwanya menjadi tenang dan merenungkan pikiran ini indah. Tiba-tiba ia mengerti apa arti dari Natal dan mengapa Kristus telah datang.

Tahun-tahun keraguan dan ketidakpercayaan lenyap seperti badai lewat. Dia jatuh berlutut di salju dan berdoa untuk pertama kalinya : *_"Terima kasih, Tuhan, telah datang dalam bentuk manusia untuk mengeluarkan saya dari badai"_*

*"Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya.*

*Inilah kasih itu:*

 *_Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita."_*
(1 Yoh 4:9-10).  
🙏❤
Selamat beraktifitas dan menyambut Natal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar