Minggu, 21 Januari 2024

2401222. Bersatu kita teguh, Bercerai kita runtuh.

Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah.
Kerajaan itu tidak dapat bertahan.
Jika suatu rumah tangga terpecah-pecah.
Rumah tangga tidak dapat bertahan.

Alkisah, Abraham memberikan segala harta miliknya kepada Ishak (anak dari isteri terkasihnya)tetapi kepada anak-anaknya yang diperolehnya dari isteri lainnya, ia memberikan pemberian, kemudian ia (saat masih hidup) menyuruh mereka meninggalkan anaknya

Warisan adalah salah satu hal yang dapat memecah belah suatu keluarga (besar). Seperti yang sekarang banyak dialami, saat seorang ayah meninggal, beberapa waktu kemudian, anak" akan menuntut hak atas nama ayah. Yang menariknya, mereka yang sudah 'mapan' juga menuntut yang sama besar atas nama ayahnya. Hal ini bisa membuat keluarga yang terkenal kompak dan rukun selama ini menjadi terpecah karenanya. Semoga Allah memberikan hikmat kebijaksanaan kepada setiap orang yang terlibat agar mencari solusi damai sejahtera.

Hal menarik lainnya, ternyata ada beberapa keluarga yang mampu mempertahankan hubungan kekeluargaannya. Mereka mengatur agar warisan dimiliki sesuai yang sudah dimiliki setiap anak dan perusahaan keluarga dikelola secara profesional oleh mereka yang mampu bekerja di bidangnya dengan mendapat gaji standard dan semua anggota keluarga mendapat dividen saham / hasil perusahaan di waktu tertentu. Mereka berusaha tidak iri hati karena masing-nasing tahu kemampuan diri sendiri, tidak menghasilkan selama beberapa waktu berarti posisi manajer diganti yang lain baik anggota keluarga/ profesional manajer. Dan menariknya, grup perusahaan bertambah besar karena persatuan dan saling bekerjasama.
*

Banyak anggota dalam tubuh. 
Bekerjasama membuatnya menjadi utuh.
Bersatu kita teguh
Bercerai kita runtuh.
#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar